Tingkatkan Imunitas, Argha Gelar Vaksinasi Booster Covid-19

PT Argha Karya Prima Industry Tbk (“Argha”) menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19  lanjutan atau lebih dikenal dengan vaksinasi booster berkolaborasi dengan klinik alya medika Sentul. Dalam kegiatan ini, peserta vaksinasi yang disasar antara lain karyawan dan keluarga karyawan. Kegiatan dilangsungkan selama 3 hari yaitu pada tanggal 25, 27 Februari & 4 Maret 2022 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Total peserta vaksin sebanyak 1160 peserta.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Maxi Rein Rondonuwu mengatakan hasil studi menunjukkan telah terjadi penurunan antibodi pada 6 bulan setelah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis primer lengkap, sehingga dibutuhkan pemberian dosis lanjutan atau booster untuk meningkatkan proteksi individu terutama pada kelompok masyarakat rentan.

Program ini dilakukan dalam rangka mendukung upaya pemerintah mengenai pemberian vaksinasi booster untuk memperbaiki efektivitas vaksin yang telah menurun agar dapat mencapai target herd immunity atau kekebalan komunal. 

Dosis ketiga ini dinilai dapat meningkatkan efektivitas vaksin COVID-19 yang sebelumnya sudah diberikan. Seiring berjalannya waktu, efektivitas vaksin dosis 1 bisa melemah, sehingga perlindungan terhadap virus pun menurun. Maka dari itu, diberikan vaksin tambahan untuk membentuk kembali antibodi dan memperpanjang perlindungan.

Vaksinasi booster dilakukan melalui dua mekanisme yaitu mekanisme Homolog, yaitu pemberian vaksin booster dengan menggunakan jenis vaksin yang sama dengan vaksin primer dosis lengkap yang telah didapat sebelumnya. Sementara itu, mekanisme Heterolog, yaitu pemberian vaksin booster dengan menggunakan jenis vaksin yang berbeda dengan vaksin primer dosis lengkap yang telah didapat sebelumnya.

Jenis vaksin yang digunakan antara lain, untuk sasaran dengan dosis primer Sinovac maka diberikan vaksin AstraZeneca, separuh dosis (0,25 ml), atau vaksin Pfizer, separuh dosis (0,15 ml).

Untuk sasaran dengan dosis primer AstraZeneca maka diberikan vaksin Moderna separuh dosis (0,25 ml), atau vaksin Pfizer, separuh dosis(0,15 ml).

Ada beberapa manfaat dari pemberian vaksin booster COVID-19, antara lain:

  1. Mencegah infeksi virus Corona;
  2. Mempertahankan tingkat kekebalan tubuh;
  3. Memperkuat antibodi yang sudah terbangun;
  4. Memperpanjang masa perlindungan dari virus.
Pemeriksaan tekanan darah oleh petugas
Pemeriksaan tekanan darah oleh petugas